19 October 2014

Adakah Keluarga di Rumah Ini?

Keluarga merupakan lembaga yang fenomenal dan universal dimana di dalamnya terdapat anak-anak yang dipersiapkan untuk bertumbuh. Oleh karena itu keluarga adalah lembaga masyarakat paling kecil tetapi paling penting. Dr. Kenneth Chafin dalam bukunya berjudul “Is There A Family In The House?”memberi gambaran tentang maksud keluarga dalam lima identifikasi, yaitu:


Pertama, keluarga merupakan tempat untuk bertumbuh, menyangkut tubuh, akal budi, hubungan sosial, kasih dan rohani. Manusia diciptakan menurut gambar Allah sehingga mempunyai potensi untuk bertumbuh. Keluarga merupakan tempat memberi energi, perhatian, komitmen, kasih dan lingkungan yang kondusif untuk bertumbuh dalam segala hal ke arah Yesus Kristus.

Kedua, Keluarga merupakan pusat pengembangan semua aktivitas. Dalam keluarga setiap orang bebas mengembangkan setiap karunianya masing-masing. Di dalam keluarga landasan kehidupan anak dibangun dan dikembangkan.

Ketiga, keluarga merupakan tempat yang aman untuk berteduh saat ada badai kehidupan. Barangkali orang lain sering tidak memahami kesulitan hidup yang kita rasakan tetapi di dalam keluarga kita mendapat perhatian dan perlindungan.

Keempat, keluarga merupakan tempat untuk mentransfer nilai-nilai, laboratorium hidup bagi setiap anggota keluarga dan saling belajar hal yang baik.

Kelima, keluarga merupakan tempat munculnya permasalahan dan penyelesaiannya. Tidak ada keluarga yang tidak menghadapi permasalahan hidup. Seringkali permasalahan muncul secara tidak terduga. Misalnya, hubungan suami istri, masalah yang dihadapi anak belasan tahun, dan masalah ekonomi. Namun, keluarga yang membiarkan Kristus memerintah sebagai Tuhan atas hidup mereka pasti dapat menyelesaikan semua permasalahan.

(Disajikan pada Seri Pembinaan Warta Jemaat GKI Sarua Indah, 19 Oktober 2014, dikutip dari Makalah Pdt Yerusa Maria Agustini M.Pd untuk Seminar Keluara GKI Pamulang, “Membangun Keluarga yang Dinamis di Era Digital.”)

No comments:

Post a Comment