10 July 2014

Salam Dua Jari

Ini adalah sepotong adegan yang diabadikan dalam foto ketika jemaat kami GKI Sarua Indah mengadakan retreat selama 2 hari di kawasan Puncak pada 26-27 Juni lalu. Yang sedang diabadikan dalam foto ini adalah kami para pengerja sebagai anggota majelis jemaat.


Bukan kebetulan jika aku baru mengunggahnya sekarang. Ada ceritanya.

Tema retreat kami diambil dari Flp 2:2 yang berbunyi, "Karena itu sempurnakanlah sukacitaku dengan ini: hendaklah kamu sehati sepikir, dalam satu kasih, satu jiwa, satu tujuan." Tema ini sudah ditetapkan jauh sebelum pengundian nomor peserta Pilpres. Dan ketika tema tersebut diturunkan lagi mendi berbagai simbol dalam spanduk dan publikasi lain, hasilnya seperti yg ada pada gambar ini.


Namun, pengundian nomor peserta Pilpres membuat angka-angka jadi sering mengundang penafsiran beraneka rupa, bagi yang tidak tahu latarbelakangnya. Itu sebabnya, aku tak berani mengunduh foto ini pada saat-saat kampanye Pilpres kemarin. Bisa mengundang penafsiran yang tidak-tidak. Apa kata dunia apabila kami sebagai jemaat, ada yang mengira kami mendukung salah satu calon?

Meskipun demikian, maafkanlah diriku yang udik ini. Masih juga tidak bisa kutahan diriku untuk mengacungkan dua jari di saat-saat pemotretan.

No comments:

Post a Comment