06 September 2015

Jenis-jenis Kebaktian di GKI


Menurut Tata Gereja dan Tata Laksana GKI, jenis-jenis kebaktian di lingkungan GKI adalah sebagai berikut:

1. Kebaktian Minggu
Kebaktian Minggu adalah kebaktian yang diselenggarakan pada hari Minggu.

2. Kebaktian hari Raya Gerejawi
Untuk merayakan peristiwa-peristiwa Kristus sepanjang tahun gerejawi diselenggarakan Kebaktian Hari Raya Gerejawi pada Minggu-minggu Adven, Malam Natal, Natal, Minggu Epifani, Minggu Baptisan Tuhan Yesus Kristus, Minggu Transfigurasi, Rabu Abu, Minggu-minggu Prapaskah, Kamis Putih, Jumat Agung, Paskah, Minggu-minggu Paskah, Kenaikan Tuhan Yesus Kristus, Pentakosta, Minggu Trinitas dan Minggu Kristus Raja.

3. Kebaktian untuk Peristiwa Khusus Gerejawi
Untuk peristiwa-peristiwa khusus gerejawi diselenggarakan:
a. Kebaktian Inisiasi
b. Kebaktian Ordinasi
c. Kebaktian Institusionalisasi
d. Kebatian Pastoral

4. Kebaktian Lain
Kebaktian-kebaktian lain yang diselenggarakan berdasarkan kebutuhan dalam rangka kehidupan bergereja dan bernegara antara lain:
a. Hari Reformasi
b. Tutup Tahun
c. Tahun Baru
d. HUT GKI
e. HUT Jemaat
f. HUT Kemerdekaan RI

5. Kebaktian Keluarga
Dalam rangka kehidupan Jemaat diselenggarakan kebaktian keluarga baik untuk keluarga sendiri maupun yang melibatkan orang lain di luar keluarga yang bersangkutan untuk antara lain kebaktian harian, hari ulang tahun pernikahan, penghiburan dan pertunangan.

Kebaktian keluarga yang melibatkan orang lain di luar keluarga yang bersangkutan dengan pemimpin/pengkhotbah dari luar Jemaat maupun yang terkaitdengan Jemaatnya dilaksanakan setelah berkonsultasi dengan Majelis Jemaatnya.

6. Kebaktian oleh Badan Pelayanan
Kebaktian yang diselenggarakan oleh badan pelayanan jemaat, klasis, sinode wilayah dan sinode dalam rangka pelaksanaan tugas pelayanan mereka.

(Disajikan sebagai Seri Pembinaan pada Warta Jemaat GKI Sarua Indah, 6 September 2015. Dikutip dari Tata Gereja dan Tata Laksana GKI)
 

No comments:

Post a Comment